logo
News

News

Manfaat Beras Hitam

Manfaat Beras Hitam

Manfaat Beras Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Dikutip dari DokterSehat.Com – Meski tidak sepopuler beras putih atau beras merah, beras hitam adalah jenis beras yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Perlu diketahui, beras hitam memiliki kandungan serat yang tinggi serta mengandung zat antosianin–senyawa flavonoid-yang memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Selain itu, antosianin juga bisa bermanfaat membantu melawan penyakit kanker, jantung, hingga gangguan kesehatan lain.

Selain flavonoid, beras hitam juga mengandung tembaga dan zat besi yang lebih tinggi daripada beras jenisnya lainnya, dengan rinciannya 4,9 serat, 3,5 zat besi dan 8,5 protein. Berikut adalah beberapa manfaat beras hitam lainnya yang harus Anda tahu, di antaranya:

1. Mengatasi anemia
2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
3. Melacarkan sistem pencernaan
4. Membuat Anda lebih kenyang
5. Mengatasi peradangan
6. Mencegah stres oksidatif
7. Menurunkan risiko sembelit
8. Menjaga otak tetap optimal
9. Mengelola dan mencegah diabetes
10. Menjaga kesehatan jantung
12. Membentuk sel dan jaringan

Nah, itulah beberapa manfaat beras hitam yang bisa Anda dapatkan.
Setelah Anda mengetahui manfaat beras hitam, hal penting lain yang tidak boleh dilewatkan adalah bagaimana cara mengolahnya.
Perlu diketahui, setelah melewati proses dimasak, beras hitam akan mengalami perubahan warna menjadi ungu tua. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencuci beras hitam dua hingga tiga kali dengan air dingin. Kemudian, rendam dalam air bersih selama beberapa saat. Guna menghindari beras menggumpal, Anda bisa merendamnya semalaman.

Agar Anda mendapatkan manfaat beras hitam dengan maksimal, tidak disarankan memasaknya menggunakan rice cooker. Masukan beras hitam ke dalam panci atau alat masak lainnya. Masukkan air dengan takaran dua cangkir air untuk setiap satu cangkir beras hitam. Setelah mendidih, matikan api, tutup, dan biarkan hingga 30 menit agar air menyerap dengan sempurna.

Penuhi kebutuhan beras alami anda dengan mengkosumsi beras kesehatan kokoku produksi PT Dewa Tunggal Abadi.

https://doktersehat.com/pernah-makan-beras-hitam-inilah-manfaatnya/

Latest News

Menu Berbuka Puasa Simple dan PraktisMenu Berbuka Puasa: Simple dan Praktis
siapa yang udah mulai kehabisan ide untuk berbuka puasa kali ini?
Beras Thai Farmer: Thai Hom Mali
Apa sih Istimewanya beras ini?
Bos bulog buka-bukaan penyebab harga beras naik!